LiputanMedia24

Berita Terbaru & Terupdate Viral

NewsTravel

Daerah Dataran Tinggi Dieng Kembali Mengeluarkan Embun Upas

Daerah

Daerah Dataran Tinggi Dieng Kembali Mengeluarkan Embun Upas Hingga Suhu Yang Sangat Rendah Mencapi 1 Derajat Celcius. Embun kembali lagi memunculkan wujudnya di dataran tinggi yang terkenal dengan destinasi wisatanya ini. Pastinya berita ini sudah nggak membuat kamu kaget karena dataran tinggi ini sudah terkenal dengan salju yang muncul setiap tahun. Berbeda dengan dataran tinggi lainnya, Dieng menjadi daerah dataran tinggi yang memiliki suhu sangat ekstrem. Suhu di dataran tinggi ini sangat rendah di bandingkan dengan berbagai dataran tinggi lainnya. Sehingga wilayah ini terkenal menjadi daerah dataran tinggi terdingin nomor satu di Indonesia.

Embun upas merupakan embun yang selalu muncul di dataran tinggi ini. Dataran tinggi yang terkenal dengan destinasi wisatanya ini sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan. Pesona salju atau embun yang muncul juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengenjungi tempat ini. Nggak heran lagi jika tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh wistawan yang bersal dari mana pun. Tak hanya wistawan lokal saja, dataran tinggi ini juga ramai di kunjungi wistawan dari luar Daerah.

Fenomena munculnya embun di dataran tinggi ini sudah menjadi rutinitas yang terjadi setiap tahunnya. Yang mana beberapa wilayah dari dataran tinggi memiliki suhu yang sangat rendah hingga mencapai 1 derajat celcius. Tentunya ini sangat unik dan menarik pasalnya terdapat salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki suhu bak di luar negeri. Untuk kamu yang ingin merasakan dinginnya suhu di luar negeri, dataran tinggi ini menjadi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi.

Suhu sangat ekstrem dapat kamu rasakan ketika mengunjungi dataran tinggi yang ramai dengan destinasi wisata ini. Di sini kamu bisa merasakan sensasi dingin yang sangat menusuk. Bak merasakan sensasi liburan di luar negeri, Daerah dataran tinggi ini memiliki suhu yang sama 

Apa Itu Embun Upas?

Apa Itu Embun Upas? Untuk kamu yang belum mengerti tentunya kamu bertanya-tanya apa itu embun upas? Embun upas merupakan suatu fenomena yang mana terjadi pembekuan embun yang muncul di dataran tinggi. Dataran tinggi dieng wonosobo menjadi salah satu daerah yang sering memunculkan fenomena embun upas. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie menyebutkan bahwa embun upas yang terjadi di dataran tinggi ini berkaitan dengan adanya dua pusat tekanan yang sangat rendah. 2 pusat tekanan rendah meliputi tekanan rendah sebesar 04W yang berada di laut china selatan dan pusat tekanan rendah dengan angka 98W di timur laut fhilipina. Yang mana tekanan ini menyebabkan kuatnya angin timuran atau yang di kenal dengan Monsoon Australia. Angin ini membawa udara kering yang dapat menyebabkan pengurangan curah hujan di Pulau Jawa. 

Femonema embun ini terjadi pada saat suhu sejuk di pagi hari. Suhu sejuk meyebabkan embun dingin terun sehingga membeku. Embun dingin ini lah yang menyelimuti tanaman dan kebun-kebun di daerah ini. Masyarakat sekitar menyebut embun ini dengan sebutan embun upas. Di namakan embun upas karena efek dari embun ini dapat membuat tanaman para petani menjadi mati terutama tanaman kentang.

Terdapat beberapa factor yang menyebabkan kemunculan embun ini. Embun beku di dieng ini di pengaruhi oleh gerak semu matahari dan laju penurunan suhu terhadap ketinggian. Fenomena ini banyak terjadi di berbagai dataran tinggi. Namun daerah ini menjadi lebih ekstrem hingga memunculkan embun beku karena kondisi meteorologis dan musim kemarau yang sedang berlangsung di wilayah ini.

Kondisi di atas akan menyebabkan panas matahari lebih banyak terbuang ke angkasa. Hal ini yang dapat menyebabkan suhu pada saat musim kemarau menjadi lebih dingin di bandingkan dengan suhu pada saat musim penghujan. Dengan demikian, pada musim ini lah daerah ini memunculkan embun upas atau embun yang membeku sebab rendahnya suhu di dataran tinggi ini.

Daerah Candi Setyaki Menjadi Kawasan Kemunculan Embun Es 

Daerah Candi Setyaki Menjadi Kawasan Kemunculan Embun Es pada bulan Juni ini. Embun es pertama tahun ini di temukan pada 5 Juni lalu, yang mana embun es ini kerap di temukan hingga saat ini. Menurut aplikasi digital yang ada, suhu udara di daerah ini bisa mencapai 1 derajat celcius. Bahkan dataran tinggi ini juga pernah mengalami suhu yang sangat rendah hingga minus 1. Pastinya kamu bisa membayangkan betapa dinginnya suhu di dataran tinggi ini.

Menurut informasi warga sekitar, embun ini muncul sejak sore hari pada saat cuaca cerah tanpa angin. Hal ini lantas viral karena terdapat warga sekitar yang membagikan momen pagi hari di candi setyaki. Salah seorang warga mengambil video embun yang membeku di rumput dengan view candi setyaki yang memiliki suhu dingin yang bisa di rasakan. Video ini langsung viral dan menuai banyak antusias dari para warganet. 

Dataran tinggi ini sudah terkenal dengan embun es yang muncul setiap tahunnya. Pastinya setelah membaca artikel ini kamu menjadi sangat penasaran dan ingin mengunjungi destinasi wisata yang ada di daerah ini. Terdapat banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu nikmati ketika mengunjungi dataran tinggi ini. Nggak perlu khawatir, daerah ini telah menjadi spot wisata yang memberikan berbagai fasilitas mendukung seperti hotel dan homestay yang bisa kamu sewa.

Destinasi Wisata Yang Bisa Kamu Kunjungi

Dieng terkenal dengan banyaknya destinasi wisata yang bisa di kunjungi. Mulai dari gunung, candi, hingga wisata keluarga terdapat di dataran tinggi ini. Tentunya berwisata dengan menikmati cuaca dingin menjadi momen yang sangat mengesankan untuk kamu dan keluarga maupun Bersama pasangan. Terdapat banyak sekali Destinasi Wisata Yang Bisa Kamu Kunjungi di daerah ini. Namun jika kamu ingin mendapatkan fenomena embun beku, wisata ini yang harus kamu pilih untuk di kunjungi. 

Fenomena embun es yang ada di dataran tinggi ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi daerah ini. Fenomena embun es ini dapat kamu temukan di berbagai destinasi wisata di dieng di antaranya adalah Kawasan Candi Setyaki, Candi Arjuna, dan Lapangan Pandawa. Di sini kamu akan menemukan embun-embun es yang berada di sekitar Kawasan tersebut. 

Pagi menjadi waktu yang tepat untuk kamu menemukan embun es ini. Menurut warga sekitar, embun es akan hilang pada pukul 07.00 pagi. Agar mendapatkan foto yang estetik, kamu bisa mengunjungi destinasi ini pada pukul 5 hingga 6 pagi. Jangan lupa gunakan outfit jaket yang tebal lengkap dengan penutup kepala dan telinga agar tetap aman saat berada di kawasan dingin dataran tinggi ini. Namun fenomena embun es ini tidak setiap hari muncul sehingga semua tergantung dengan keberuntunganmu masing-masing. Tak hanya itu saja, fenomena embun es ini juga nggak muncul di semua Daerah.