LiputanMedia24

Berita Terbaru & Terupdate Viral

Health

Waspada Gejala Penyakit Jantung Yang Mematikan

Waspada

Waspada Gejala Penyakit Jantung Yang Mematikan Mulai Dari Jantung Koroner Hingga Serangan Jantung Mendadak Yang Banyak Di Temui. Kasus gagal jantung menjadi kasus penyebab kematian dengan angka yang cukup tinggi di Indonesia. Penyakit jantung terkenal dengan bahaya penyakitnya yang sangat mematikan. Menurut data dari WHO, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. 85% kematian di dunia di sebabkan oleh penyakit jantung dan stroke. Tentunya penyakit ini harus sangat di waspadai oleh siapapun karena penyakit jantung dapat menjangkit siapapun tidak mengenal usia.

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh. Jantung beperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh agar sistem metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Alat vital inilah yang mengatur kehidupan pada tubuh manusia. Yang mana kasus kematian di sebabkan karena detak jantung yang berhenti. Oleh karena itu, kesehatan jantung sangat perlu di jaga dan di perhatikan agar tidak mudah terserang penyakit mematikan ini.

Tak sedikit di temukan kematian di karenakan serangan jantung mendadak. Bahkan dalam hitungan jam saja serangan jantun dapat membunuh siapapun yang terkena penyakit ini. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan organ jantung dan tetap Waspada akan gejala-gejala penyakit jantung yang dapat menjangkit siapaun.

Serangan jantung mendadak dapat menyerang siapapun tanpa mengenal usia tua maupun muda. Kurangnya perhatian dan pengetahuan tentang penyakit jantung membuat beberapa orang abai dengan kesehatan jantung yang di milikinya. Padahal kesehatan jantung sangat penting untuk di jaga karena menjadi salah satu organ vital yang ada di dalam tubuh.

Penyakit jantung dapat di sebabkan oleh banyak sekali faktor mulai dari keturunan hingga pola hidup yang di jalani. Tentunya kamu harus Waspada jika sudah mengalami gejala-gejala penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian. Dimana penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan juga di dunia.

Tetap Waspada, Kenali Gejala Serangan Jantung Mendadak

Tetap Waspada, Kenali Gejala Serangan Jantung Mendadak yang menjadi penyebab kematian utama di dunia. Penyakit jantung atau serangan jantung mendadak patut di waspadai pasalnya sangat mematikan. Serangan jantung mendadak dapat di alami siapa saja tak mengenal usia tua maupun muda. Maka dari itu, sebagai anak muda kamu juga nggak boleh abai dengan kesehatan jantung. Kesehatan jantung sangat perlu di jaga agar kamu terhindar dari penyakit mengerikan ini. Munculnya penyakit jantung pada tubuh dapat di tandai dengan gejala-gejala di bawah ini.

Nyeri dada yang terjadi secara terus menerus menjadi salah satu gejala munculnya penyakit jantung pada tubuh. Pada kasus penyakit jantung, penderita akan merasakan nyeri dada yang di rasakan kapan saja. Bahkan ketika istirahat dan tidak melakukan aktivitas apapun dada terasa nyeri secara terus terusan. Jika telah mengalami gejala ini, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan jantung untuk mendeteksi penyakit jantung.

Gejala yang di alami penderita penyakit jantung lainnya adalah sering pingsan. Jantung merupakan organ tubuh yang menyuplai darah ke seluruh tubuh. Ketika terjadi gangguan pada jantung, jantung tidak bekerja secara maksimal sehingga otak kekurangan suplai darah dan oksigen yang dapat menyebabkan pingsan. Pingsan yang terjadi secara berulang menjadi salah satu gejala penyakit jantung yang harus di waspadai.

Jantung berdebar dengan sangat cepat atau yang sering di sebut dengan palpitasi merupakan gejala dari serangan jantung mendadak. Detak jantung yang berdebar dengan cepat terjadi karena jantung tidak bisa mengontrol detak yang teratur. Apalagi jika jantung berdebar dengan cepat ketika kamu istirahat dan tidak melakukan kegiatan apapun. Selain itu, pusing dan lemas juga menjadi gejala penyakit jantung yang harus di waspadai karena menandakan penyakit jantung telah berkembang. Maka dari itu jika telah merasakan gejala di atas kamu perlu segera memeriksakan kondisi ini kepada dokter.

Pertolongan Pertama Untuk Serangan Jantung Mendadak Yang Mematikan

Serangan jantung mendadak dapat menyerang siapa tanpa mengenal usia baik tua maupun muda baik pria maupun wanita. Siapa saja berisiko terkena serangan jantung mendadak jika tidak menjaga kesehatan jantung dengan baik. Serangan jantung mendadak dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun dengan berbagai faktor yang tidak dapat di duga. Maka dari itu, pentingnya untuk mengetahui Pertolongan Pertama Untuk Serangan Jantung Mendadak Yang Mematikan.

Pada saat terkena serangan jantung mendadak, seseorang akan memberikan 2 kondisi yaitu sadar dan tidak sadar. Kondisi ini sama parahnya yang mana sama-sama dapat menjadi penyebab kematian seseorang. Jika kamu menemukan orang terkena serangan jantung mendadak dengan kondisi sadar, pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan adalah menenangkan penderita serangan jantung mendadak. Tubuh yang tenang akan sedikit membantu korban untuk memiliki tekanan jantung yang stabil. Setelah itu langsung hubungi ambulance untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional dari tim medis.

Sedangkan pada saat korban serangan jantung mendadak tidak sadarkan diri, pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaringkan korban di tempat yang datar. Hubungi ambulance secepatnya agar cepat mendapatkan perawatan dari tim medis. Selama menunggu ambulance datang, kamu bisa melakukan resusitasi jantung paru atau yang di kenal dengan napas buatan atau CPR. Bila tidak memungkingkan untuk melakukan CPR kamu bisa memompa jantung dengan menekan bagian dada korban dengan tangan. Lakukan sebanyak 100 hingga 120 kali setiap menit hingga pertolongan tim medis datang.

Pertolongan pertama pada serangan jantung mendadak sangat penting untuk di ketahui dan di perhatikan. Apa lagi jika kamu memiliki keluarga yang terkena penyakit jantung. Dengan melakukan pertolongan pertama tentunya kamu akan dapat menyelamatkan nyawa korban penderita serangan jantung mendadak.

Faktor Penyebab Serangan Jantung Mendadak

Faktor Penyebab Serangan Jantung Mendadak dapat di sebabkan dari berbagai hal mulai dari keturunan hingga pola hidup yang tidak sehat. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, serangan jantung mendadak dapat terjadi kapan saja dengan berbagai faktor yang ada. Terdapat banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan atau memicu serangan jantung mendadak pada seseorang.

Faktor penyebab serangan jantung sering di abaikan oleh sebagian orang. Pastinya kamu harus tetap waspada dengan gejela dan penyebab serangan jantung mendadak. Keturunan menjadi faktor penyebab yang tidak dapat di hindari. Tentunya jika kamu telah memiliki riwayat penyakit jantung kamu harus benar-benar menjaga kesehatan jantung yang kamu miliki.

Selain faktor keturunan, penyakit jantung juga dapat di sebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup akan sangat menetukan kesehatan tubuh yang mana pola hidup akan berpengaruh terhadap metabolisme yang di lakukan oleh tubuh. Pola makan yang tidak sesuai, kurang olahraga, dan merokok menjadi penyebab penyakit jantung yang banyak di temukan. Selain itu, obestitas atau kegemukan juga menjadi penyebab serangan jantung mendadak yang harus membuat kamu harus lebih Waspada.